Senin, 12 Maret 2018

Aplikasi Text Editor yang Sering di Gunakan Programmer


Text Editor merupakan sebuah software aplikasi atau program komputer yang memungkinkan penggunanya membuat, mengubah, atau mengedit file teks (plain text).Text editor dapat digunakan untuk membuat program-program komputer, mengedit source code bahasa pemprograman, serta membuat halaman web atau template web design dan pembuat aplikasi tertentu. Aplikasi ini secara umum bayak digunakan untuk tujuan pemrograman.

Hasil gambar untuk notepad ++ vs


Text Editor mempuyai fitur-fitur sangat kecil, ringan dan sederhana, sementara ada beberapa text editor lain menawarkan fungsi luas dan kompleks. Misalnya, Unix dan Linux – dalam sistem operasi memiliki Editor VI (atau varian), namun banyak juga yang mencakup editor Emacs. Sedangkan sistem operasi Windows menyediakan Notepad setandar, banyak programmer lebih menyukai text editor lain yang lebih banyak fiturnya. Dan berikut adalah beberapa text editor yang biasa nya digunakan oleh kebanyakan orang maupun programmer, diantaranya adalah :

Sublime Text

merupakan text editor cross-platform dan source code editor, dengan Python Application Programming Interface (Python API). Fungsinya juga ditambahkan dengan plugins, dan perangkat lunak ini bukanlah berbasis open source, bukan perangkat lunak gratis, namun sebagian besar paket tambahan memiliki linsensi free-sotware dan dibangun maupun dikembangkan komunitas. Aplikasi ini mendukung berbagai macam bahasa pemrograman, diantaranya: ASP, ActionScript, C, C#, CSS, HTML, JSON, Java, JSP, JavaScript, PHP, Pascal, Perl, Python, Ruby on Rails, SQL, dan lain-lain. Untuk mengunduh perangkat lunak ini, silakan kunjungi website http://www.sublimetext.com/.


Notepad++

adalah text editor dan source code editor pada platform Windows. Perangkat lunak ini sangat ringan dan kuat untuk berbagai bahasa pemrograman. Salah satu kelebihan Notepadd++ kemampuannya di atas Notepad++ yang tertanam dalam Windows itu sendiri, diantaranya mendukung pengeditan tab, mengjijinkan bekerja dengan beberapa file. Perangkat lunak ini didistribusikan sebagai perangkat lunak bebas free atau geratis.
Notepad++ memiliki fitur syntax highlighting, syntax folding, user defined syntax highlighting and folding, perl compatible regular expression search/replace, customizable GUI, document map, auto-completion, multi-document, multi-view, WYSIWIG printing, zoom in and zoom out, multi-language environment supported, bookmark, macro recording and playback, launch with different argument, multi-editing, column-mode editing, line number.

Hasil gambar untuk notepad ++

Notepad++ didistribusikan sebagai perangkat lunak bebas. Proyek ini dilayani oleh Sourceforge.net dengan telah diunduh lebih dari 32 juta kali dan dua kali memenangkan penghargaan SourceForge Community Choice Award for Best Developer Tool.
Telah diletakkan pada SourceForge.net, di mana aplikasi ini telah diunduh lebih dari 27 juta kali dan dua kali memenangkan SourceForge Community Award untuk kategori Best Developer Tool. Proyek ini disimpan di TuxFamily sejak Juni 2010. Untuk menampilkan dan mengedit teks bahasa pemrograman maupun source code, Notepad++ menggunakan komponen Editor. kalo teman-teman mau mengunakan apelikasi ini , silakan kunjungi website http://notepad-plus-plus.org/.


Atom

Atom adalah sebuah text editor yang memiliki lisensi open source yang tersedia untuk platform OS X, Linux dan Windows. Atom ini dibuat oleh GitHub dan di klaim sebagai text editor yang bisa di custom dengan merubah file configurasinya. Atom ini mirip dengan salah satu text editor favorit saya yaitu Sublime Text, karena Atom ini memang dibuat dengan menggunakan Sublime Text sebagai referensinya. Atom ini bersifat modular jadi klo kita butuh sebuah plugins tambahan kita bisa menginstall dan melakukan konfigurasi agar sesuai dengan harapan kita.

Hasil gambar untuk text atom

Salah satu keunggulan dari Atom Text Editor adalah tersedianya banyak plugins yang bisa membantu pekerjaan kita. Kita bisa melihat plugins yang paling banyak digunakan melalui halaman plugins yang terdapat pada Atom atau pada halaman daftar packages pada Atom.


Microsoft Visual Studio

Microsoft Visual Studio by merupakan sebuah perangkat lunak lengkap (suite) yang dapat digunakan untuk melakukan pengembangan aplikasi, baik itu aplikasi bisnis, aplikasi personal, ataupun komponen aplikasinya, dalam bentuk aplikasi console, aplikasi Windows, ataupun aplikasi Web. Visual Studio mencakup kompiler, SDK, Integrated Development Environment (IDE), dan dokumentasi (umumnya berupa MSDN Library). Kompiler yang dimasukkan ke dalam paket Visual Studio antara lain Visual C++, Visual C#, Visual Basic, Visual Basic .NET, Visual InterDev, Visual J++, Visual J#, Visual FoxPro, dan Visual SourceSafe.

Hasil gambar untuk Microsoft Visual Studio

Microsoft Visual Studio dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi dalam native code (dalam bentuk bahasa mesin yang berjalan di atas Windows) ataupun managed code (dalam bentuk Microsoft Intermediate Language di atas .NET Framework). Selain itu, Visual Studio juga dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi Silverlight, aplikasi Windows Mobile (yang berjalan di atas .NET Compact Framework).

Visual Studio kini telah menginjak versi Visual Studio 9.0.21022.08, atau dikenal dengan sebutan Microsoft Visual Studio 2008 yang diluncurkan pada 19 November 2007, yang ditujukan untuk platform Microsoft .NET Framework 3.5. Versi sebelumnya, Visual Studio 2005 ditujukan untuk platform .NET Framework 2.0 dan 3.0. Visual Studio 2003 ditujukan untuk .NET Framework 1.1, dan Visual Studio 2002 ditujukan untuk .NET Framework 1.0. Versi-versi tersebut di atas kini dikenal dengan sebutan Visual Studio .NET, karena memang membutuhkan Microsoft .NET Framework. Sementara itu, sebelum muncul Visual Studio .NET, terdapat Microsoft Visual Studio 6.0 (VS1998).

Baca selengkapnya »

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Tongkrongannya Anak TKJ - 2016