Sabtu, 04 Februari 2017

Pengalaman & Tips Mengikuti Sertifikasi MTCNA Mikrotik

Haii akhirnya sempet juga buat nulis blog ditengah kesibukan seorang anak kelas XII yang akan lulus ini, aminnn :), kali ini saya akan cerita sedikit mengenai pengalaman saya mengikuti ujian sertifikasi MTCNA Mikrotik yang diadakan di sekolah saya dan syukur alhamdulillah saya berhasil mendapatkan sertifikat tersebut dengan hasil yang memuaskan bagi saya yaitu 73%. Ini semua gak akan lepas dari semua yang telah mendoakan saya dan menyemangati saya.
MTCNA (Mikrotik Training Certified Network Associated) merupakan sertifikasi mikrotik yang paling dasar layaknya CCNA pada Cisco. Sertifikasi pada mikrotik memiliki jenjang hingga yang paling expert yaitu MTCINE dengan syarat harus memiliki sertifikasi MTCNA terlebih dahulu.



  • MTCNA - MikroTik Certified Network Associate (Basic Essentials)
  • MTCRE -  MikroTik Certified Routing Engineer (Routing)
  • MTCWE -  MikroTik Certified Wireless Engineer (Wireless)
  • MTCTCE -  MikroTik Certified Traffic Control Engineer (Traffic Control)
  • MTCUME - MikroTik Certified User Management Engineer (User Manager)
  • MTCINE -  MikroTik Certified Inter-networking Engineer (Inter Networking)

Sertifikasi Mikrotik dapat diselenggarakan oleh lembaga training yang sudah berkerjasama langsung oleh mikrotik dan kebetulan sekolah saya sudah melakukan itu. Untuk di indonesia sudah banyak penyelenggaranya, hanya saja kita harus membayar biaya training tersebut dan biaya-nya sangat beragam tergantung lembaga training. Nah, bagi kalian yang berniat untuk mengambil sertifikasi ini pastikan memilih yang terbaik.

Pada saat ujian sertifikasi diselenggarakan di sekolah saya yaitu di SMK Al-Bahri Bekasi ini hanya diikuti oleh 30 siswa saja padahal jumlah siswa jurusan TKJ berkisar ±130 siswa, setelah saya tanya tanya kepada kawan kawan saya yang memilih tidak ikut itu pun alasannya beragam sekali dari masalah biaya disitu dipungut biaya Rp.100.000 padahal belum tentu akan berhasil membawa pulang sertifikatnya kalaupun gagal kita hanya akan pulang membawa tangan kosong dan penyesalan hahaha tapi bener juga sih disini kita seperti sedang bertaruh uang 100rb antara WIN and LOSE :v ada juga yang masih ragu ragu akan sulitnya menghadapi soal, ya jika belum mencoba gimana kita bisa menilai sulit tidaknya kan? banyak yang bilang sulit, oke sulit bagi mereka belum tentu bagi kita akan sama kan? so apasalahnya mencoba yang penting yakin dan percaya. 

Guru/trainer saya pak Maman bilang tidak perlu banyak orang untuk ikut ujian sertifikat ini hanya bagi yang yakin saja karena semakin sedikit yang memiliki sertifikat ini maka akan semakin berharga dan menjadi kebanggaan tersendiri hohoh. BTW beliau adalah guru saya yang mengajarkan saya banyak tentang mikrotik disekolah, jika bukan karena dia mungkin saya tidak akan bisa menghadapi ujian MTCNA ini so terimakasih banyak untuk pak Maman :) 






Peraturan Pada Saat Test Sertifikasi Mikrotik
  • Soal ujian menggunakan Bahasa Inggris.
  • Dilarang melakukan copy paste & screenshoot soal.
  • Ujian dilakukan secara online dengan waktu 1 jam dengan jumlah soal sebanyak 25 dan bagi peserta yang mendapatkan nilai di bawah 49% dinyatakan TIDAK LULUS.
  • Peserta yang mendapatkan nilai antara 50% -59% akan diberikan kesempatan ke dua atau second chance.
  • Peserta dinyatakan LULUS jika nilai mencapai 60% ke atas.
  • Dan bagi yang ingin menjadi Trainer minimum nilai adalah 75%.
  • Saat ujian diperbolehkan untuk membuka buku atau open book namun tidak boleh berdiskusi ataupun mencontek.
  • Sertifikan berlaku selama 3 tahun.

Tips Untuk Mengikuti Sertifikasi MTCNA
  • Sebelum ujian jangan lupa untuk Berdoa.
  • Bagi teman-teman yang kurang mahir dalam bahasa inggris bisa menggunakan Google Translate, tapi ingat soal tidak boleh di copy paste usahakan di tulis ulang saja agar tidak terdeteksi oleh javascript dan untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan lebih baik kita mematuhi saja peraturannya.
  • Kerjakan soal yang mudah dahulu.
  • Jangan panik dan terburu-buru, usahakan tetap tenang dan santai saja tapi tetap harus teliti ya
  • Sebelum ujian usahakan belajar dari soal-soal ujian mtcna pada tahun sebelumnya atau bisa mengerjakan soal latihan yang ada pada account mikrotik anda dan teruslah berlatih.
  • Karena ujian ini bersifat open book sedikit tips nih kalian dapat menggunakan program IP Calculator/subnetting tuh biar cepet jika ketemu dengan soal itung itungan IP kan lumayan bisa menghemat waktu juga.
  • Jika sudah selesai periksalah kembali dan usahakan mengsubmit hasil jawaban kalian sebelum waktunya habis, misal 5 menit terakhir kalian melakukan submit. Hal ini untuk menghindari lambatnya pemprosesan nilai anda karena mikrotik akan melakukan sortir terlebih dahulu mana saja soal yang tidak di jawab. 

Tentang apa yang saya rasain pada waktu ujian itu tuuhh waktu pertama masuk ruangannya aja udah deg – degan banget tiba tiba nge blank otak juga gak tau kenapa bisa begini :v, dan waktu saya mengerjakan satu persatu soalnya rasa grogi saya mulai hilang dan udah bisa fokus lagi sama soalnya, dan disaat waktu 1 jam itu udah mulai selesai dan gak kerasa saya coba buat nge klik “finish test “  dan booomm!!! Saya berhasil  mendapatkan sertifikat MTCNA yang saya idam idamkan ini hohoho.. pesan untuk kalian semua yang mau mengikuti ujian MTCNA ini adalah jangan malas untuk belajar, selalu berusaha dan mencoba dan terus berlatih, dan yang paling utama adalah berdoa kepada Allah SWT. Jangan pernah menganggap ada soal yang sulit karena sesulit sulitnya soal pasti kalian menemukan 1 jawaban yang menurut kalian benar....intinya untuk semua ini adalah NEVER GIVE UP AND KEEP DREAM :)
 
Nah, mungkin itu saja sedikit cerita dan tips yang dapat saya berikan kali ini. Semoga dapat menjadi bahan ispirasi untuk kalian semua, intinya satu,,, jangan pernah takut gagal, teruslah mencoba maka akan ada jalan untuk kita semua :)a
Seperti yang saya sebutkan diatas bahwa nilai 60% keatas dinyatakan lulus dan alhamdulillah saya  mendapatkan nilai 73%. Berikut ini adalah sertifikasi yang saya dapatkan.





Baca selengkapnya »

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Tongkrongannya Anak TKJ - 2016