Selasa, 23 April 2019

PROPOSAL PROYEK SISTEM INFORMASI “SISTEM GUDANG ON-LINE”

PROPOSAL PROYEK SISTEM INFORMASI “SISTEM GUDANG ON-LINE”


Diusulkan untuk memenuhi tugas Softskill Kewirausahaan TI


Diusulkan Oleh :

Nama               : 1.    Julian Jayasaputra 43117106
   2.    Ikyu Rafie Widyajita 42117845

Kelas               :  2DC02




PROGRAM DIPLOMA TIGA TEKNOLOGI INFORMASI
TEKNIK KOMPUTER
UNIVERSITAS GUNADARMA
2019



A.   LATAR BELAKANG 
PT. Rahayu  Scaffoldings merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam persewaan peralatan tangga-tangga besi (scaffolding) untuk mendukung pembangunan, perbaikan maupun renovasi rumah-rumah dan gedung-gedung. Setidaknya ada  18 jenis item barang yang direntalkan oleh PT. Rahayu  Scaffoldings, seperti pipe support (TS-70, TS-90), main frame (t-190, t-170), staircat walk, jack base (t-60, t-40), U-Head (t-60, t-40), cross brace (p-200, p-193), join pinleader frame (90, 60), swimple clamp, horry beam dan pipe 6 meter. Mengingat banyaknya item yang harus dikelola oleh bagian gudang (inventory), berkaitan dengan keluar-masuknya barang akibat transaksi peminjaman, pengembalian, penambahan item baru, pengurangan barang akibat rusak maupun hilang, maka perlu kiranya dibuat sistem kontrol barang “on-line” sehingga kondisi terbaru (terakhir) mulai dari jumlah barang tersisa, jumlah barang tersewa, jumlah barang rusak  maupun tambahan barang baru bisa diketahui secara cepat dan akurat.  

B.   PERMASALAHAN  
PT. Rahayu Scaffolding sebenarnya telah memiliki sistem inventory yang belum on-line. Namun seiring dengan perkembangan bisnisnya yang kian maju, menyebabkan volume transaksi bisnisnya kian meningkat, sehingga pihak pemilik (owner) memandang perlu untuk mengubah sistem inventory yang ada menjadi sistem yang bersifat “on-line” dengan kemampuan sebagai berikut :
·         Mendapatkan laporan (report) yang dikehendaki secara on-line
·         Menampilkan inventaris barang-barang secara on-line
·         Menampilkan deskripsi barang-barang secara on-line 

C.   TUJUAN            
              Proyek perangkat lunak  “Sistem Gudang On-Line” ini dimaksudkan :
  1. Menghasilkan perangkat lunak untuk aplikasi Sistem Gudang On-Line yang memiliki fitur-fitur standar seperti menambah barang, menghapus barang, menampilkan inventarisasi barang dan pembuatan laporan dan sebagainya.
  2. Memudahkan pekerjaan administrator gudang, karena bisa mendapatkan informasi barang secara cepat dan akurat..
  3. Memudahkan pekerjaan up-date barang, karena ada penambahan barang baru  dan pengurangan barang akibat rusak maupun hilang. 

D.   RUANG LINGKUP  
         Mengingat kendala berbagai macam media penyimpanan (storage), kinerja (performance) dan waktu responnya (time response), master file barang yang sudah ada tidak akan digunakan dalam  sistem on-line yang baru. Namun sistem lama tersebut masih dipakai dalam batch system. Sebagai gantinya, beberapa bagian file tersebut disimpan dalam File Pilihan Barang. Barang-barang yang terdapat dalam file ini akan dipilih dari master file barang dan biasanya sering diakses. 

Gambar 1. Diagram Alir Sistem Gudang On- Line

Dalam sistem gudang on-line yang akan dibuat, pengguna dapat mengetahui informasi barang yang ada seperti persediaan barang tertentu, jumlah barang dipesan, tanggal dipesan dsb. Juga tersedia fasilitas untuk menambahkan barang baru maupun menghapus barang yang sudah tidak dikehendaki ke File Pilihan Barang. Kedua operasi terakhir dilakukan melalui Tabel Pilihan Barang yang menghubungkan item-item yang ada di File Pilihan Barang ke master dan mengontrol suatu perhitungan record terakhir. Suatu Laporan Inventory Barang bisa disajikan dalam sistem gudang on-line ini.  Laporan ini bisa diminta melalui terminal  operator. Laporan ini minimal terdiri dari header dan rincian yang. memuat daftar barang persediaan dan yang dipesan.  Laporan Kontrol Pilihan juga bisa diberikan untuk membuat daftar semua perubahan pada File Pilihan Barang akibat transaksi bisnis yang terjadi. Laporan ini terdiri dari bagian rincian dan ringkasan. Bagian rincian berisi penambahan barang, penghapusan barang dan jumlah permintaan yang salah. Sedangkan bagian ringkasan berisi rekapitulasi jumlah barang yang ditambahkan maupun dihapus,  laporan ukuran dan status terakhirnya.            

 E.   METODOLOGI   
Metodologi merupakan elemen yang paling mendasar dari suatu proses bisnis. Berikut ini adalah suatu metodologi untuk merealisasikan proyek perangkat lunak “Sistem Gudang On-Line” pada PT. Rahayu Scaffoldings, akan ditempuh langkah-langkah sebagai berikut : 

1.      Studi Kelayakan (feasibility study
Mempelajari proses bisnis yang berlangsung di PT. Rahayu Scaffoldings, mengidentifikasi  fungsi-fungsi bisnis yang diperlukan sehingga bisa disimpulkan kebutuhan aplikasi perangkat lunak secara pasti.

2.   Desain Fungsi (Design Function)
Melakukan desain sistem secara detail, mulai dari Context  DiagramData Flow Diagram (DFD),  desain file, desain tabel,  relasi tabel dsb sehingga membentuk sistem lengkap sesuai dengan fungsi-fungsi bisnis yang dikehendaki.

3.      Pemrograman (Programming)
Melakukan coding untuk merealisasikan desain fungsi yang telah dibuat. Jumlah baris coding ini turut menentukan besar-kecilnya harga perangkat lunak yang dibuat.

4.      Pengujian (Testing
Dilakukan untuk mengetahui apakah pekerjaan pemrograman telah dilakukan secara benar sehingga bisa menghasilkan fungsi-fungsi yang dikehendaki. Pengujian juga dimaksudkan untuk mengetahui keterbatasan dan kelemahan program aplikasi yang dibuat untuk sebisa mungkin dilakukan penyempurnaan.  

5.      Pelatihan (Training)
Sebelum diserahterimakan ke user, pihak developer proyek perangkat lunak bertanggung jawab melatih  user atau operator PT. Rahayu Scaffoldings yang hendak mengoperasikan program aplikasi yang telah dibuat.  Pihak pengembang juga berkewajiban memberikan informasi yang benar dan terbuka sehingga tidak menyulitkan para pengguna di kemudian hari.   

6.      Pemeliharan (Maintenance)
Proyek perangkat lunak tidak bisa selesai begitu saja setelah diserahterimakan, tetapi masih berlanjut hingga tenggat waktu yang cukup untuk memastikan bahwa produk perangkat lunak yang telah diserahkan tersebut bisa beroperasi dengan baik dan tidak ada kendala yang berarti.

7.      Dokumentasi (Dokumentation
Dalam sebuah proyek bisa terdiri dari beberapa dokumen. Dokumen dibuat untuk melihat  kemajuan proyek yang sedang dikembangkan, sebagai referensi untuk troubleshooting bila terjadi kendala, sebagai pedoman operasional dsb. 
  
  F.    JADWAL PROYEK 
Untuk merealisasikan pekerjaan proyek perangkat lunak  “Sistem Gudang On-Line” kurang lebih memerlukan waktu 3 bulan dengan pengaturan wakturti berikut ini :


Catatan : 
  • Pada setiap awal kegiatan, jadwal yang lebih rinci akan didiskusikan di antara para anggota tim.
  • Pada setiap akhir kegiatan, laporan kemajuan akan disiapkan oleh pimpinan tim untuk memberikan gambaran tentang status proyek kepada pihak-pihak yang berkepentingan
G. SUMBER DAYA MANUSIA

Untuk melaksanakan proyek perangkat lunak “Sistem Gudang On-Line” disiapkan SDM 4  orang dengan peran rangkap seperti dalam tabel di bawah ini. 


Biaya untuk implementasi “Sistem Gudang On-Line” diperkirakan sebagai berikut: 


NoKegiatanJumlah (Rp)
1Studi Kelayakan300.000
2Desain Fungsi750.000
3Pemrograman2000.000
4Pengujian250.000
5Pelatihan500.000
6Pemeliharaan600.000
7Dokumentasi (50 hal)100.000
Jumlah Total4.500.000

Adapun Perincian dari Biaya yang dikeluarkan untuk Membangun Sistem Gudang On-Line adalah sebagai berikut :

No.
Jenis Pengeluaran
Biaya
1
Studi Kelayakan
a. Izin Usaha
Rp. 200.000,00
b. Pemasaran
Rp. 100.000,00
Jumlah
Rp.300.000.00
2
Desain Fungsi
 a. Desain Produk
Rp. 300.000,00
b. Desain Grafis
Rp. 350.000,00
Jumlah
Rp. 750.000,00
3
Pemprograman
a. Licensi Android Studio
Rp. 700.000,00
 b. Web Server
Rp. 400.000,00
c. Peyewaan Hosting
Rp. 250.000,00
 d. Kuota Internet
Rp. 250.000,00
e. Modem
Rp. 400.000,00
Jumlah
Rp. 2.000.000,00
24fsfd4
Pengujian
a. Survei 100 Orang Pengguna lalu memberikan Souvenir
Rp. 250.000,00
Jumlah
Rp. 250.000,00
5
Pelatihan

a. Workshop Android Studio
Rp. 200.000,00
 b. Workshop Pemprograman Java
Rp. 200.000,00
c. Seminar Startup Modern
Rp. 100.000,00
Jumlah
Rp. 500.000,00
6
Pemeliharaan
a. Maintenance Hosting
Rp. 200.000,00
 b. Update Database
Rp. 200.000,00
c. Perbaikan BUG
Rp. 200.000,00
Jumlah
Rp. 600.000,00
7
Dokumentasi
a. Print Laporan
Rp. 20.000,00
 b. Cetak Foto - Foto
Rp. 50.000,00
c. Upload Cloud Server
Rp. 30.000,00
Jumlah
Rp. 100.000,00

Jumlah Total Pengeluaran
Rp. 4.500.000,00




Baca selengkapnya »

1 komentar:

Unknown mengatakan... 17 Mei 2019 pukul 04.38

mantap

Posting Komentar

Copyright © Tongkrongannya Anak TKJ - 2016