Senin, 12 Maret 2018

Mengkompilasi Dan Menjalankan Program Java

Bahasa pemrograman Java adalah salah satu bahasa pemrograman populer yang paling banyak digunakan untuk saat ini. Selain bersifat sumber terbuka (open source), bahasa pemrograman Java juga tidak memerlukan lingkungan pengembangan (IDE) khusus sehingga kode program Java dapat dibuat menggunakan teks editor seperti Notepad, Notepad++ atau text editor lainnya.

Hasil gambar untuk compile java
Berbeda dengan bahasa pemrograman Java, bahasa pemrograman seperti Visual Basic, Visual Foxpro, Delphi dan beberapa yang lain bersifat komersial dan mempunyai lingkungan pengembangan tersendiri. Untuk membuat program Java yang dapat dieksekusi (executable), Kalian cukup melalui tiga langkah atau tahapan mudah yaitu :
  1. Menulis kode program Java (bisa menggunakan editor Notepad, Notepad++ atau yang lain).
  2. Mengkompilasi (compile) file kode sumber Java (Java source code) yang berekstensi .java.
  3. Menjalankan (run) file bytecode Java yang berekstensi .class.
Berikut ini adalah contoh program Java sederhana dengan nama file lingkaran yang akan menampilkan hasil hitung dari luas dan keliling suatu lingkaran di jendela Command Prompt (dulu Dos Prompt). Kode program Java ini ditulis menggunakan text editor Notepad++, kemudian dikompilasi dan dijalankan di jendela Command Prompt.
Pertama-ama tulis kode program Java di bawah ini menggunakan editor seperti Notepad atau Notepad++, beri nama file dan juga sertakan ekstensi .java (misalnya lingkaran.java) dan kemudian simpan di direktori atau folder yang Anda inginkan, misalnya c:\user\kyuu_u\Desktop karena saya menaruh nya di desktop.

import java.util.*;
public class lingkaran{public static void main(String[] args)
{Scanner input = new Scanner(System.in);
double phi = 3.14;double r, luas,keliling;
System.out.println("Program Luas dan Keliling Lingkaran\n");System.out.print("Masukkan Panjang Jari-jari Lingkaran : ");r = input.nextDouble();
luas = phi * r * r;keliling = 2 * phi * r;
System.out.print("Luas Lingkaran = " + (int)luas + " \nKeliling lingkaran = "+ (int)keliling);}}

Buka jendela Command Prompt (CMD) bawaan Windows, rubah folder sesuai tempat penyimpanan file lingkaran.java (c:\user\kyuu_u\Desktop) dan kemudian kompilasi dengan mengetikkan javac lingkaran.java




Apabila tidak ditemukan kesalahan (error) pada kode program, kompilasi di atas akan menghasilkan file dengan nama sama dan berekstensi .class (lingkaran.class). File berekstensi .class ini disebut dengan bytecode dan akan disimpan secara otomatis di direktori atau folder yang sama dengan file lingkaran.java. Apabila dibuka, isi file ini tidak dapat dimengerti oleh manusia dan hanya bisa dijalankan oleh mesin komputer. Untuk menjalankan (running) file bytecode tersebut (lingkaran.class), ketikkan perintah 

java lingkaran 
di jendela Command Prompt.





Hasil menjalankan program Java sederhana ini adalah untuk menghitung luas dan keliling lingkaran dari jari jari yang telah kita input sebelumnya. Selain menggunakan Notepad++ untuk menulis kode program Java dan Command Prompt untuk mengkompilasi dan menjalankan program, Kalian juga dapat membuat program Java di lingkungan pengembangan terintegrasi (Integrated Development Environment | IDE) seperti NetBeans, Sun ONE, Eclipse atau JBuilder (tiga pertama adalah software open source dan yang terakhir adalah software komersial). Di IDE, penulisan kode program, mengkompilasi dan menjalankannya dapat dilakukan sekaligus dalam satu area pengembangan sehingga menjadi lebih simple dalam pembuatannya.

Baca selengkapnya »

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Tongkrongannya Anak TKJ - 2016