Minggu, 22 Januari 2017

GPS Atau Maps Offline Tanpa Akses Internet

https://www.figonet.com/wp-content/uploads/2013/12/science-of-gps.jpg

        Sistem navigasi pada perangkat Android sangat berguna sekali bagi kita yang hobi travelling, karena dengan adanya sistem navigasi ini dapat mempermudah kita untuk sampai di tempat tujuan kita. Nah, kali ini saya akan membahas tentang sistem navigasi yang berjalan pada platform Android dan untuk menjalankannya tidak membutuhkan koneksi data internet. Karena tidak membutuhkan koneksi internet, maka akan menghemat kuota internet dan juga menghemat konsumsi baterai pada perangkat Android.

         Satu lagi navigasi terbaik yang bisa saya bagikan kali ini adalah Navitel, navigasi dari navitel ini sudah mengalami banyak peningkatan dan tampilan yang bagus dibandingkan dengan versi sebelumnya. Navitel ini sangat bagus dan tidak pernah terjadi crash ( Force Closed ) di HP Android dan sangat ringan dan user friendly.

          Navigasi yang satu ini boleh disandingkan dengan navigasi lain seperti Sygic dan bahkan untuk urusan kelengkapan Peta Indonesia navitel ini yang paling lengkap dibandingkan peta Sygic, sampai jalan gang pun ada didalamnya. karena update peta navitel ini disupport oleh www.navigasi.net. dan yang lebih menggembirakan lagi karena navigasi.net selalu mengeluarkan update peta terbaru setiap 2 bulan. apabila anda mau membantu untuk lebih melengkapi peta didaerah anda baik itu menambah POI dan tempat2 lainnya, anda bisa berinteraksi langsung dengan tim navigasi.net. sehingga peta indonesia semakin lengkap.

Langsung saja ke topik utama kita kali ini,, pertama-tama siapkan dulu bahan-bahannya. yaitu aplikasi navitel versi terbaru 8.5, data peta indonesia lengkap dan seperangkat komputer atau laptop untuk mendukung proses installasinya nanti.

jika kalian belum punya bahan-bahannya, bisa download dibawah ini :

1. Pertama kalian harus download dulu aplikasi navitel dan data MAP nya dibawa ini.

  • sekarang download data Peta / map Indonesia lengkap DISINI [ Link mediafire ]

2. Disini saya menginstal navitel v8.5, setelah di instal aplikasi navitelnya, sekarang buka navitel, nanti disuruh memilih bahasa seperti gambar dibawah ini. Klik OK



3. Setelah itu klik accept



4. Jika keluar pesan seperti gambar berikut ini, klik OK,



5. Selanjutnya klik Yes.


6. Jika muncul pesan seperti gambar dibawah ini klik Quit. Maksudnya tutup dan buka kembali aplikasi navitel untuk memancing agar folder 'Navitel Content' muncul di sdcard kita.
Navitel android v8.5 Versi Terbaru full version

7. Okee,, belum selesai sampai disini gan.

Selanjutnya instal Data peta yang sudah kalian download download tadi., instalnya di PC / laptop ya, jangan di android soalnya formatnya exe jika kalian tidak punya komputer atau laptop kalian bisa pinjam punya teman sebentar saja.


8. Tunggu hingga proses instalasi selesai.
9. Sekarang kalian cari dan buka folder data peta tersebut di Local disk C: > myMaps > Navigasi > Navitel , seperti gambar dibawah ini



10. Setelah di buka, sekarang copy semua file yang berekstensi .nm2 yang ada di folder navitel,. Jangan copy file berekstensi lain seperti unins000.exe seperti gambar dibawah ini.



11. Hubungkan hp android kalian ke PC / laptop menggunakan kabel data / adapter / cardreader


12. setelah itu paste File-file yang telah di copy tadi ke hp kalian di dalam folder sdcard > NavitelContent > Maps > paste didalam folder ini.





13. Oke, sekarang cabut hp kalian dari PC / laptop. 

Buka lagi aplikasi Navitel. nanti keluar pesan berikut yang artinya sedang membaca data Peta / Maps, tunggu saja hingga 100%.



 15. Jika sudah selesai, nanti keluar pesan berikut, ikuti saja seperti saya ini.



16. Oke,, semua proses sudah selesai,, sekarang, saatnya mencoba aplikasi navitelnya



gimana? aplikasi navitel ini sangat lengkap bukan,, semua aplikasi maps kalah deh,, dan sangat cocok untuk kalian yang suka bepergian jauh2 tapi gak tau arah jalan. haha, tenang saja, aplikasi navitel ini punya fitur GPS gratis kokartinya bisa aktifin GPS tanpa harus Konek Internet atau hidupin data. enak banget kan? silahkan kalian oprek sendiri menu menu yang ada didalamnya karena ada banyak fitur2 yang ada di dalam aplikasi navitel ini, jika masih ada yang bingung tentang cara penggunaan fitur navitel maupun langkah instalasi navitel bisa ditanyakan ke saya melalui kolom komentar ddibawah ya.
Oke sekian tutorial dari saya kali ini semoga bermanfaat bagi kalian semua :)
Baca selengkapnya »

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Tongkrongannya Anak TKJ - 2016