Senin, 10 Oktober 2016

Menghubungkan Virtualbox ke dalam GNS3


Setelah kita berhasil menginstall GNS3 yang telah dibahas pada artikel sebelumnya atau disini selanjutnya kita akan membuat sebuah topologi yang menggunakan OS virtual yang akan diambil dari mesin virtual kita berupa VirtualBox yang akan dibahas pada artikel kali ini sebagai berikut.
http://4.bp.blogspot.com/-ZQpAfUv8-_w/UvfZyFuSj3I/AAAAAAAAAh8/b4qrYLfbgJc/s1600/logo_gns3_small.png

1. Buka GNS3 --> klik Edit --> Preferences --> VirtualBox --> Cek Path to VBoxManage. Kalo path nya kosong atau ngaco, klik browse untuk nyari file nya.





2. Path yang benar ada di C:\Program Files\Oracle\VirtualBox\VBoxManage.exe
Kalo sudah klik Apply.


3. Masuk ke menu VirtualBox VM --> New --> pilih Mikrotik VM dari VM list --> Finish. Kalo loading list nya lama, cancel aja terus coba lagi.


4. Mikrotik VM akan muncul, kemudian kita bisa rubah simbol Mikrotik nya dengan klik kanan --> Change Symbol --> Pilih Symbol nya --> Ok


5. Kalo sudah, klik OK pada Preferences. Masuk ke lembar kerja. Buka tab yang berisi 4 simbol --> Cari Mikrotik --> Drag and Drop ke lembar kerja.


6.  Klik kanan pada Mikrotik --> Configure --> Mikrotik --> tab Network --> Tambahkan Adapter jika perlu. Kita dapat menambahkan jumlah adapter yang akan menambah juga jumlah interface ether di Mikrotik. Klik OK.

7. Sekarang kita bisa masukkan perangkat lain ke lembar kerja. Kemudian hubungkan semua perangkat itu dengan menu add a link.


8. Selanjutnya, nyakalan Mikrotik VM nya --> klik kanan Start.


9. Tampilan jendela VirtualBox Mikrotik VM akan muncul. Silakan login dan setting Mikrotik nya.


10. Saya contohkan untuk menghubungkan Mikrotik dengan PC Client :
IP Address Mikrotik : 10.10.10.1/24
IP Address PC Client : 10.10.10.2/24
IP Gateway PC Client : 10.10.10.1
Baca selengkapnya »

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Tongkrongannya Anak TKJ - 2016