Senin, 26 September 2016

Cara membuat Bridge Interface di Mikrotik

         Router Mikrotik adalah salah satu jenis router yang handal untuk keperluan networking karena setiap port interface pada routerboard mikrotik bisa di set dengan IP Address yang berbeda, tapi terkadang ada kalanya kalian ingin memfungsikan port interface router mikrotik sebagai switch. Nah, untuk keperluan seperti ini router mikrotik sendiri sudah memiliki fitur "Bridge" yang memungkinkan sobat untuk set IP address yang sama pada beberapa port interface.



           Pada kesempatan kali ini saya akan membuat tutorial
konfigurasi bridge interface pada router mikrotik, di tutorial kali ini saya akan membuat interface untuk port interface ether 1 dan ether 2 agar client di lokal network yang terkoneksi dapat terhubung dan mendapatkan segmen ip address yang sama.

Untuk konfigurasinya disini saya menggunakan winbox untuk meremote mikrotik nya agar lebih mudah.

Konfigurasi :

1. Pada winbox kita pilih menu Bridge yang ada disebelah kiri
2. Setelah muncul klik tanda (+) dan buat bridge baru
3. Pada TAB Port kita klik tanda + lagi untuk menambahkan port port yang ingin digabungkan


4. Setelah kita buat interface bridge-nya lalu kita berikan IP address dan pada interfece nya kita arahkan ke       bridge yang dibuat tadi



Dan untuk router mikrotik yang ingin di hungkan kita tinggal setting seperti setingan diatas dengna membuat bridge lalu memasukkan port nya dan memberikan IP address pada interface bridge.







Hasilnya komputer yang satu dengan lainnya akan terhubung dengan segmen yang sama walaupun melewati 2 buah router yang berbeda.



Baca selengkapnya »

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Tongkrongannya Anak TKJ - 2016